Langkah dan Persiapan Memulai Usaha Dropship

Tutorial6.com– Jika membahas mengenai bisnis maka tidak akan ada habisnya. Terlebih di zaman sekarang ini, teknologi semakin canggih mampu menunjang berbagai jenis bisnis dan usaha. Salah satu syarat untuk dapat memulai suatu usaha yaitu adanya modal. Ada tidaknya modal sering menjadi momok tersendiri bagi masyarakat umum bahwa ketika hendak membuka usaha haruslah memiliki modal yang sangat besar.

Namun tahukah Anda bahwa sebenarnya banyak sekali jenis usaha yang bisa dijalankan walau dengan modal yang sangat minim dan bahkan tanpa modal. Apakah mungkin membangun usaha tanpa modal? Tentu saja mungkin. Sebab ada istilah di dunia usaha yang mungkin awam di telinga yaitu Dropship.

Apa itu Dropship?

Dropship merupakan metode jual beli online dimana Anda tidak perlu melakukan stok barang ataupun proses pengiriman pesanan / orderan.

Bagaimana cara kerja Dropship?

Ketika memulai usaha dengan metode Dropship maka yang harus dikerjakan hanyalah melakukan promosi produk berupa foto atau gambar produk saja. Foto produk untuk promosi bisa di dapatkan dari supplier Dropship. Dalam hal ini Anda berjualan secara online, bisa dengan membuka toko online di Marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee. Anda juga dapat berjualan dan promosi di sosial media seperti Facebook dan Instagram.

Berapa modal usaha dengan metode Dropship?

Modal usaha dengan metode seperti ini bisa dikatakan nol rupiah alias tanpa modal. Dikatakan tanpa modal karena yang diperlukan untuk memulai usaha Dropship hanyalah Smartphone dan paket internet atau memakai komputer laptop jika ada. Namun sebelum memulai usaha seperti ini alangkah baiknya Anda simak beberapa langkah memulai bisnis usaha Dropship berikut ini :

1. Cari supplier

Langkah awal dalam memulai usaha dengan metode Dropship yaitu mencari Supplier. Jadi supplier inilah yang nantinya menyediakan stok dan pengiriman pesanan dengan mengatas namakan Online Shop (Olshop) Anda. Tips mencari supplier Dropship adalah yang sudah memiliki reputasi yang baik. Lihat pula testimoni dari para pelanggannya. Jika perlu carilah grup atau komunitas Dropship agar Anda bisa mendapatkan rekomendasi Supplier.

2. Buat online shop sendiri

Walaupun usaha Anda adalah Dropship yang berarti Anda tidak memiliki produk sendiri bukan berarti tidak bisa membuka atau membuat online shop sendiri. Anda bisa memanfaatkan Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee untuk membuat toko online kemudian mengisi etalase dengan foto produk dan deskripsi yang menarik.

3. Promosi pada sosial media

D zaman sekarang ini, sebagian besar orang mulai dar remaja hingga dewasa lebih banyak menghabiskan waktunya di dunia maya dan sosial media Facebook, Instagram, WhatsApp, Line, Twitter, dan sebagainya. Nah ini berarti Anda dapat memanfaatkan situasi tersebut untuk berjualan atau melakukan promosi produk yang Anda jual.

Jika di Facebook Anda dapat promosi pada grup jual beli atau pada marketplace. Kemudian untuk promosi di Instagram Anda bisa dengan membuat foto atau gambar yang menarik kemudian dioptimalkan dengan menambahkan deskripsi yang menarik. Anda juga bisa melakukan promosi berbayar seperti Endorsment dan Facebook Ads.

4. Ramah kepada calon pembeli

Jika kalian ada calon pembeli layanilah mereka dengan baik. Misal menanyakan produk apa yang sedang dicari, memberitahu perihal promo, ongkir dan lain sebagainya. Jika kemudian ada calon pembeli yang gak jadi beli kalian harus tetap ramah. Memang hal seperti ini bagi pemula akan terasa berat, namun lama kelamaan kalian akan terbiasa dan mampu memberikan pelayanan yang terbaik.

5. Selalu Update
Usaha dengan metode Dropship menuntut agar selalu update, baik itu stok dari supplier, harga, diskon, dan lain sebagainya. Jangan sampai foto yang kalian pasang merupakan produk yang sedang kosong dan mengecewakan calon pelanggan kalian. Biasanya supplier memiliki grup tersendiri yang berisi informasi seputar promo, harga, dan ketersediaan barang. Jadi tugas kalian adalah selalu update produk agar tidak terjadi gagal order.

Baca Juga :

Itulah tadi langkah dan persiapan membagun usaha dengan metode Dropship. Dari pembahasan tadi dapat saya simpulkan bahwa kunci utama dalam menjalankan bisnis ini adalah selalu update harga maupun barang dari supplier agar tidak terjadi salah paham antara calon pembeli dengan penjual. Cukup sampai disini pembahasan kali ini sampai jumpa di pada artikel berikutnya. Terimakasih

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *