Arti Rekber, Pulber, Danaber dan Ovober yang Wajib Diketahui

Tutorial6.com- Tentunya Anda pernah mendengar istilah seperti Rekber, Pulber, Danaber, dan Ovober yang sering muncul ketika melakukan transaksi online khususnya produk virtual. Lantas apasih arti dari istilah tersebut? Bagi Anda yang belum mengetahui artinya, maka mulai sekarang Anda wajib memahaminya. Hal ini penting untuk menghindari tipu daya penipu (ripper) yang selalu mengintai khususnya bagi awam.

Pada era internet semakin mudah diakses seperti sekarang membuat segalanya menjadi berubah. Dahulu ketika seseorang ingin membeli suatu barang maka harus datang langsung menemui penjual dan melakukan transaksi jual beli. Namun berbeda dengan sekarang, kita bisa dengan mudah melakukan transaksi jual beli tanpa harus bertemu atau bertatap muka secara langsung. Hal semacam ini disebut transaksi online, selain produk fisik, jenis produk virtual juga mulai dijual belikan seperti akun dan voucher.

Berbicara keamanan transaksi jual beli, tentu transaksi yang dilakukan secara langsung (offline) akan cenderung lebih aman karena pembeli maupun penjual dapat bertemu secara langsung sehingga minim terjadi penipuan.

Berbeda dengan transaksi online dimana pembeli tidak bisa melihat barang yang akan dibeli karena harus menunggu barang diterima terlebih dahulu. Ketika proses transaksi online biasanya pembeli akan membayar terlebih dahulu sebelum menerima barang yang dipesan dan ini sangat riskan terjadi tindak penipuan.

Sehingga dewasa ini sudah dikembangkan sistem pengaman transaksi online oleh pihak terkait yang dikenal dengan istilah Rekber dan beberapa nama lain seperti Danaber, Pulber, Ovober tergantung jenis pembayaran yang digunakan. Ingin tahu arti dari istilah-istilah tersebut dan bagaimana mekanismenya? Selengkapnya ada di bawah ini.

Pengertian Rekber

Apa itu Rekber? Bagi orang awan pasti asing mendengar istilah ini. Sebenarnya Rekber adalah singkatan dari kata Rekening Bersama yang dipegang oleh perantara atau penyedia jasa. Artinya kita menggunakan uang sebagai alat pembayaran. Pembeli akan mengirimkan sejumlah uang (harga barang+fee jasa) ke rekening bersama tersebut, kemudian akan diteruskan ke penjual setelah barang atau pesanan diterima dengan baik.

Pengertian Pulber , Danaber, dan Ovober

Sebenarnya arti dari Pulber, Danaber dan Ovober tidak jauh beda dengan Rekening bersama. Hanya saja media penampung bukan lagi rekening melainkan Pulsa sehingga disingkat Pulber (pulsa bersama). Hal tersebut juga sama untuk Dana, Ovo dan E-wallet lainnya. Sedangkan untuk mekanismenya juga sama, pembeli mengirim pulsa ke jasa pulber dan kemudian akan diteruskan ke penjual setelah pembeli menerima pesanan.

Cara Kera Rekber, Pulber, Danaber dan Ovober

Lantas bagaimana mekanisme atau alur kerjanya? Dalam transaksi jual beli pada umumnya antara penjual dan pembeli akan transaksi secara langsung. Berbeda dengan Rekber, pembeli membayar ke rekening penampung dan penjual baru akan menerima pembayaran tersebut setelah mengirimkan pesanan.

Model transaksi ini juga diterapkan di e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak dan e-commerce lain. Misal Anda akan belanja sepatu di “Toko Makmur” di Shopee dan pembayaran bukan dikirim ke rekening Toko Makmur, melainkan ke Rekening Shopee. Sehingga dalam hal ini Shopee sebagai penyedia jasa rekber.

Kapan Penjual akan menerima pembayaran? Uang yang Anda bayarkan tadi baru akan diterima penjual setelah barang pesanan sampai ke tempat pembeli. Apabila penjual tidak mengirimkan pesanan maka uang akan dikembalikan ke pembeli, dalam bentuk saldo Shopeepay.

Selain di online market place seperti di atas, transaksi Rekber, Pulber, Danaber dan lainnya bisa dilakukan pada platform apapun yang penting ada pihak ketiga sebagai perantara atau penyedia jasa.

Contoh lain : Saya akan membeli akun Google Adsense ke penjual A di Facebook, karena ini transaksi pertama saya dengan penjual tersebut maka saya putuskan menyewa jasa rekber agar aman. Jadi saya akan membuat grup chat berisi (saya, perantara rekber dan penjual), setelah itu mengirimkan pembayaran ke rekber dan akan diteruskan kepada penjual setelah pesanan sudah diterima.

Jadi itulah arti dari istilah Rekber, Pulber, Danaber dan Ovober. Bagaimana, Anda pasti sudah paham bukan? Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan bagi pembaca semua dan lebih berhati-hati ketika melakukan transaksi online. Selalu pakai jasa rekber saat transaksi agar terhindar dari modus-modus penipuan.

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *